Selasa, 22 Mei 2012

MENGENAL KONSEP DIRI POSITIF DAN NEGATIF


1.      Pengertian Konsep Diri
 konsep diri adalah persepsi mengenai fisik, sosial dan psikologis diri kita sendiri yang diperoleh dari pengalaman dan interaksi kita dengan orang lain. Pendapat tersebut dapat diartikan bahwa konsep diri yang dimiliki individu dapat diketahui lewat informasi pendapat, penilaian atau evaluasi dari orang lain mengenai dirinya. Individu akan mengetahui dirinya cantik, pandai atau ramah jika ada informasi dari orang lain mengenai dirinya. Sebaliknya individu tidak tahu bagaimana ia dihadapan orang lain tanpa ada informasi atau masukan dari lingkungan maupun orang lain.
konsep diri adalah “gagasan tentang diri sendiri yang mencakup keyakinan, pandangan dan penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri”.
2.      Jenis-jenis Konsep Diri
Tanda-tanda individu yang memiliki konsep diri positif adalah:
a.         Ia yakin akan kemampuan dalam mengatasi masalah.
b.         Ia merasa setara dengan orang lain
c.         Ia menerima pujian tanpa rasa malu
d.        Ia menyadari, bahwa setiap orang memiliki berbagai perasaan, keinginan dan perilaku yang tidak seluruhnya disetujui oleh masyarakat.
e.         Ia mampu memperbaiki dirinya karena ia sanggup mengungkapkan aspek-aspek kepribadian yang tidak disenanginya dan berusaha mengubahnya.

tanda-tanda individu yang memiliki konsep diri negatif adalah:
a.     Ia peka terhadap kritik
b.    Ia responsif sekali terhadap pujian
c.     Ia cenderung bersikap hiperkritis
d.    Ia cenderung merasa tidak disenangi oleh orang lain
e.     Ia bersikap pesimis terhadap kompetisi
3.       Peranan Konsep Diri
Konsep diri mempunyai peranan penting dalam menentukan perilaku individu. Individu memandang atau menilai dirinya sendiri akan tampak jelas dari seluruh perilakunya, dengan kata lain perilaku seseorang akan sesuai dengan cara individu memandang dan menilai dirinya sendiri. Apabila individu memandang dirinya sebagai seorang yang memiliki cukup kemampuan untuk melaksanakan tugas, maka individu itu akan menampakkan perilaku sukses dalam melaksanakan tugasnya. Sebaliknya apabila individu memandang dirinya sebagai seseorang yang kurang memiliki kemampuan melaksanakan tugas, maka individu itu akan menunjukkan ketidakmampuan dalam perilakunya.
Jadi konsep diri sangat mempengaruhi perilaku seseorang .Jika konsep diri seseorang tersebut negatif, maka dia akan menganggap diri nya secara negatif sehingga tingkah lakunya lebih condong kearah yang negatif seperti contohnya merasa rendah diri, selalu bersikap pesimis, merasa kalah sebelum mencoba bersaing dan lainnya, begitu pula sebaliknya jika seseorang memiliki konsep diri yang positif, maka dia menganggap dirinya sebagai pribadi yang mampu melakukan tugas-tugasnya. Baik itu tugas yang mudah atau yang sulit sekalipun, sehingga tingkah lakunya lebih condong kearah positif seperti tidak mudah menyerah, tidak takut berkompetensi, dan selalu optimis.


DAFTAR PUSTAKA
Sudarsono. 1984. Prinsip prinsip psikologi sosial. Ditjen. Pedidikan P dan K. Jakarta: Girimukti Pustaka.


separador

0 komentar:

Posting Komentar

Pengingat waktu

Bidang Bimbingan

Followers